...Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menjelaskan. Dengan kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada mereka yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan-jalan keselamatan. Dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan mereka dari pelbagai kegelapan menuju cahaya terang benderang dengan seizinNya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus. (Al Ma'idah 5:15-16)

JournalQuran.com adalah summary ringkas dari beberapa referensi tafsir yang bertujuan menyajikan pemahaman Al-Qur’an yang mudah, intuitif, praktis, dan relevan serta menginspirasi perubahan positif di dalam kehidupan kita sebagai pembacanya, sebagaimana ditekankan di dalam ayat berikut yang identik diulang sampai empat kali:

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (Al-Qamar 54:17,22,32,40).

Segala puji dan syukur hanyalah milik dan ditujukan bagi Allah SWT semata. Mudah-mudahan catatan kecil ini dapat terus disempurnakan dan memudahkan kita memahami dan mengamalkan kandungan Al-Qur'an yang teramat luas maknanya. Insya Allah. Aamiin.

Dari Abu Umamah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang pada hari kiamat, sebagai pembela pada orang yang mempelajari dan mengamalkannya." (HR Muslim).

وَلَوْ أَنَّمَا فِي الْأَرْضِ مِن شَجَرَةٍ أَقْلَامٌ وَالْبَحْرُ يَمُدُّهُ مِن بَعْدِهِ سَبْعَةُ أَبْحُرٍ مَّا نَفِدَتْ كَلِمَاتُ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis (dituliskan) kalimat (ilmu) Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Luqman 31:27)

Maha Benar Allah dengan segala firmanNya.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Bintaro,
17 Ramadhan 1438H
11 Juni 2017