Ayat-Ayat Mengenai Kebesaran Allah

Kebesaran Allah diterangkan mulai dari ayat 59 sampai 62:

  • Dia yang memegang kendali dan mengetahui segala yang ghaib dan yang zahir (tampak) (59)
  • Dialah yang menidurkan dan membangunkan kembali kita (60)
  • Dia yang menentukan batasan atas umur kita (60)
  • Dia yang mengetahui segala apa yang kita kerjakan (60)
  • Dia yang tdk ada satu makhluk pun yang berkuasa melebihi kekuasaanNya (61)
  • Dia yang menciptakan malaikat, mengutus malaikat penjaga kepada setiap diri kita, mencabut nyawa kita dan mereka melaksanakannya dengan konsisten (61)
  • Kita dan semua hamba-Nya akan kembali kepadaNya (62)
  • Dia yang menguasai hari akhir, yang memegang hukum pada hari itu, dan yang memperhitungkan amal hambaNya dg sangat cepat (62)

Kaum Zalim dan Sikap Kita thd Mereka

Allah menjelaskan bbrp perilaku kaum yang zalim thd diri mereka sendiri (walaupun mereka sudah menerima Islam) serta sikap kita dalam menghadapi mereka:

  1. Mereka yang berdoa dengan sepenuh hati ketika terjadi bencana, ttp kemudian kembali mempersekutukan Allah setelah doa mereka dikabulkan (63-64). Terhadap mereka ini Allah memberi ancaman azab dlm bentuk (65):
  • siksa dari atas (langit) dan dari bawah (bumi/lautan)
  • ditindas dan diperangi oleh bangsa lain yang kejam
  1. Mereka yang menghina ayat-ayat Allah. Terhadap mereka ini, kita diperintahkan untuk meninggalkan pembicaraan dg mereka sampai mereka berhenti (68) dan mengingatkan agar mereka takut kpd Allah (69)
  2. Mereka yang menjadikan agama Islam yang mereka anut sbg cemoohan dan permainan. Terhadap mereka ini, kita diperintahkan untuk mengingatkan menggunakan ayat Al Quran dan nasehat bhw semua orang akan menanggung dosanya sendiri serta tidak ada syafaat (pertolongan) di akhirat yang bisa menyelamatkan dari api neraka kalau mereka tdk bertaubat (70)
  3. Mereka yang kembali kepada kemusyrikan setelah menerima Islam. Mereka ini digambarkan spt orang yang kebingungan krn disesatkan oleh syaithan, tdk tahu kemana harus melangkah. Kemudian disebutkan, mereka masih punya teman2 yang berusaha menasehatinya. Teman2 ini mengajak kembali ke jalan yang lurus, kembali mengikuti kpd ayat2 Allah dan tunduk menyerahkan diri kpd Allah (71). Selain itu, juga mengajak kembali melaksanakan syariat (spt mendirikan sholat), dan memurnikan ketaatan hanya kpd Allah (72).

Kemudian, di ayat 73, mirip dg ayat 59-62 di atas, Allah mengingatkan bahwa Dia lah yang menciptakan langit dan bumi, menciptakan segalanya semudah mengucapkan “Kun”. Kemudian diterangkan, bukan hanya menciptakan di awal, ttp Dia juga yang akan mengakhiri alam semesta ciptaanNya ini (kiamat). Selanjutnya ditegaskan kembali, Dia lah Dzat yang memiliki pengetahuan sempurna – mengetahui yang ghaib dan yang zahir (tampak), dan Maha Bijaksana serta Maha Mengetahui (atas segala yang kita kerjakan).

Maha Benar Allah dengan segala firmanNya.

Wallahu a’lam.