Beberapa Key Highlight :

  • kehidupan dunia dijadikan indah dlm pandangan org kafir (212)
  • manusia umat yang satu yg diberi akal dan kreativitas. Mulai berselisih hingga diturunkan kitab (bentuk singular – maknanya, semua kitab suci punya pesan yg sama, ketauhidan) utk meluruskan kembali perselisihan pendapat tsb (213)
  • masuk surga selalu harus melewati cobaan. Cobaan paling berat adalah yg dialami oleh para rasul
  • Prioritas infak (bukan zakat yg sudah wajib): ibu bapak -> kaum kerabat -> anak yatim -> org miskin -> Ibnu sabil (215). Refer juga ke 2:177. Perhatikan bhw urutannya konsisten.
  • Perintah berperang. Perintah utk tdk menolak panggilan perang. Bila sdh di declare atau dijatuhkan fatwa kewajiban perang maka kita harus turun berperang walaupun kita merasa sangat berat. (216)
  • Diharamkannya berperang di bulan haram, kecuali bila terdesak (217)
  • Sikap hati orang beriman yang hijrah dan berjihad dimana mereka mengharapkan rahmat Allah, dan buka merasa aman atau merasa pasti masuk surga (218)

Pentahapan Pelarangan Khamr

Tahap 1: belum diperintahkan haramnya

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir, (2:219)

Tahap 2: tdk boleh mabuk kalau sholat

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun. (4:43)

Tahap 3: inilah hukum final khamr = haram. Di dalam hadits, disebutkan haram sedikit maupun banyak

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (5:90)

Tambahan di ayat 214, bahwa kepastian semua kita akan diuji ada juga di bbrp ayat lain:

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (Al Baqarah 2:155)

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (Al Ankabut 29:2-3)

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar. (Ali Imran 3:142)

Maha Benar Allah dengan segala firmanNya.

Wallahu a’lam.