Surah Ar Ra’d termasuk surah Makkiyah. Dinamakan Ar Ra’d dari ayat 13 yang berarti guruh. Surah Ar Ra’d ini banyak sekali menerangkan tanda2 kebesaran Allah dlm bentuk berbagai fenomena alam, serta menunjukkan kesalahan berpikir org kafir yang menolak keberadaan Allah dan/atau menyekutukan Allah dg tuhan lain.

Allah membuka surah Ar Ra’d ini dengan menerangkan kebenaran Al Quran, yakni:

  • Al Quran adalah kitab yang diturunkan Allah kpd manusia
  • Al Quran adalah kitab yang benar, berisi pesan Allah yang dibawa oleh malaikat Jibril yang diutus kpd Rasulullah, sbgmn ditegaskan juga di ayat berikut:

Sesungguhnya Al Quran itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy (At Takwiir 81:19-20)

  • Al Quran adalah kitab yang tdk banyak org yang mau mempercayainya, mau menjadikannya sbg petunjuk hidupnya. Kebanyakan org mengingkarinya, menganggapnya dongeng yang diturunkan kpd org gila, sbg mana disebutkan juga di ayat berikut:

Atau (apakah patut) mereka berkata, “Padanya (Muhammad) ada penyakit gila.” Sebenarnya dia telah membawa kebenaran (Al Quran) kepada mereka, dan kebanyakan mereka benci kepada kebenaran itu. (Al Mu’minuun 23:70)

Di ayat2 berikutnya, Allah kemudian menjelaskan siapa DiriNya yang menurunkan Al Quran kpd Muhammad SAW dg menerangkan tanda2 kebesaran dan kekuasaanNya sbb:

  • Dialah Dzat yg meninggikan langit tanpa tiang atau penyangga apa pun
  • Dialah Dzat yg bersemayam di atas ‘Arsy
  • Dialah Dzat yg menundukkan matahari dan bulan berjalan pada garis edarnya masing2
  • Dialah Dzat yg mengatur urusan seluruh makhluk ciptaanNya (2)
  • Dialah Dzat yg membentangkan bumi dan menjadikan gunung dan mengalirkan sungai, juga menumbuhkan tanaman dan buah2an di atasnya (3).

Terbentangnya bumi di sini menunjukkan akan luasnya permukaan bumi yg tampak dlm pandangan mata manusia, tdk lantas berarti bumi berbentuk datar. Di ayat lain disebutkan:

Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (Az Zumar 39:5)

Kata at-Takwir (masdar dari yukawwiru) berarti menutupkan dan menyelimutkan pada benda yang berbentuk bulat.

Kemudian di ayat lain, disebutkan juga, bhw gunung2 diciptakan utk menguatkan bumi, diibaratkan pasak/tiang pada bangunan:

Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan, dan gunung-gunung sebagai pasak (An Naba’ 78:6-7)

Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu… (Luqman 31:10)

  • Dialah Dzat yg menciptakan berbagai jenis variasi makhluk walaupun mereka hidup di lingkungan alam yang sama, spt tanaman dan pohon yang bermacam2 dan berbagai jenis buah2an (4)

Sikap Kaum Kafir thd Dakwah Nabi SAW

  1. Tidak percaya akan dihidupkan kembali di hari akhir

Allah mengajak kita merenungkan, mengapa masih ada yang berpikir bhw alam semesta dengan segala kesempurnaannya (yang disebutkan di ayat2 di atas) tercipta dg sendirinya, tanpa ada campur tangan Dzat yang Maha Kuasa dan Maha Cerdas yang mengaturnya? Mengapa pula masih ada yang meragukan bhw nanti mereka akan dibangkitkan, padahal proses menghidupkan kembali itu lebih sederhana daripada menciptakan awal dari yang tdk ada? (5) Hal ini ditegaskan juga di ayat lain sbb:

Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya. Dan bagi-Nyalah sifat yang Maha Tinggi di langit dan di bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Ar Ruum 30:27)
2. Mereka meminta agar disegerakan datangnya siksa

Di sini Allah kembali mempertanyakan logika berpikir mereka, mengapa mereka minta disegerakan turunnya azab Allah, padahal sdh jelas kisah2 dan bukti peninggalan umat2 rasul terdahulu (sebelum Nabi Muhammad SAW) yang menerima azab krn mendustakan rasul dan menolak bertaubat? (6)
3. Mengingkari mukjizat yang sudah ditampakkan kpd mereka (yakni Al Quran) dg mengatakan, “Mengapa Allah tdk menurunkan kpd Nabi SAW mukjizat yang tampak jelas (spt Musa yang membelah lautan, atau banjir Nuh)?” Allah menegaskan bhw Rasulullah SAW hanyalah seorg rasul pemberi peringatan. Dia tdk bisa memilih mukjizat apa yang diturunkan kpdnya. Semua itu adalah hak prerogatif Allah SWT semata (7).

Kemudian Allah menjelaskan kekuasanNya dalam ayat2 berikutnya:

  • Dia mengetahui apa yang ada di dalam kandungan, dan menetapkan ukuran2 dlm proses kehamilan (8)
  • Dia mengetahui seluruh yang ghaib dan yang tampak (9)
  • Dia mengetahui segala apa yang dirahasiakan dan diucapkan oleh setiap manusia, juga siapa yang bersembunyi di malam hari – sama jelasnya mengetahui siapa yang berjalan di siang hari (10)
  • Dia mengutus sejumlah malaikat yang menjaga manusia dari arah depan dan belakang mereka.
  • Dia mengetahui siapa hambaNya yang berusaha dan menolong mereka yang berusaha tsb utk mengubah diri mereka – semuanya atas izin Allah; tidak ada yang mampu menolak ketetapan Allah atas hambaNya (11). Di ayat lain, Allah menegaskan pertolonganNya atas hambaNya yang saleh:

Dan sungguh telah Kami tulis didalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hambaKu yang saleh. (Al Anbiyaa’ 21:105)

Musa berkata kepada kaumnya, “Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah; sesungguhnya bumi (ini) kepunyaan Allah; dipusakakan-Nya kepada siapa yang dihendaki-Nya dari hamba-hamba-Nya. Dan kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al A’raaf 7:128)

  • Dia yg memperlihatkan kilat shg timbul rasa takut dan harapan akan datangnya hujan yg mendatangkan air dan kesuburan (12)
  • Dia yg menciptakan guntur dan para malaikat yang semuanya bertasbih kpdNya (13)
  • Dia yang memperkenankan doa hambaNya. Allah menerangkan sia-sianya doa org musyrik kpd sesembahan selain Allah spt sia-sianya org yang mencoba mengambil air utk diminum dg telapak yg terbuka (14)
  • Dia yang memiliki kekuasaan yang ketetapan-Nya meliputi segala yang ada di langit dan di bumi (15)

Maha Benar Allah dg segala firmanNya.

Wallahu a’lam bishawab