Penghuni Neraka dan Surga

Allah membandingkan profile penghuni neraka dan surga sbb:

Penghuni Neraka:

  • Tidak percaya mereka akan kembali kpd Allah
  • Merasa puas dan nyaman dg kehidupan dunia
  • Melalaikan ayat2 Allah

Mereka akan masuk neraka krn perbuatannya (7-8).

Penghuni Surga:

  • Beriman kpd Allah dg keimanan yg benar
  • Melaksanakan amal soleh

Di dunia, mereka akan dibimbing, diberi pertolongan hidayah oleh Allah selama hidupnya. Sedangkan di akhirat, mereka dijanjikan masuk surga (9). Disebutkan juga, di dalam surga mereka sibuk bertasbih, saling mendoakan keselamatan dan bersyukur kpd Allah (10).

Sikap Manusia dlm Berdoa

  1. Tergesa-gesa. Manusia selalu ingin cepat2 dlm kebaikan krn dia mencintainya, juga selalu ingin cepat2 dl kejahatan pada saat marah dan emosi. Namun Allah dg kelembutan dan kasih sayangNya tdk mengabulkan permohonan buruk mereka, dan hanya mengabulkan apa2 yang baik bagi hambaNya (11)

Dan manusia mendoa untuk kejahatan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa. (Al Israa’ 17:11)
2. Berkeluh kesah. Bila manusia ditimpa bahaya maka dia segera berdoa dg segala cara. Namun bila bahaya tsb sdh hilang, maka dia kembali kpd kesesatan – seakan2 tdk ada bekas sedikitpun bhw sebelumnya dia pernah berdoa (12)

Dan jika Kami rasakan kepada manusia suatu rahmat (nikmat) dari Kami, kemudian rahmat itu Kami cabut daripadanya, pastilah dia menjadi putus asa lagi tidak berterima kasih. (Huud 11:9)

Manusia tidak jemu memohon kebaikan, dan jika mereka ditimpa malapetaka dia menjadi putus asa lagi putus harapan. (Fushshilat 41:49)

Balasan Allah thd Orang yang Ingkar thd Risalah Allah

Allah kemudian kembali menyinggung balasan atas kaum yg ingkar thd risalahNya yakni mereka dimusnahkan dan digantikan oleh umat lain (13-14), sbgmn juga disebutkan di ayat lain:

Dan Tuhanmu Maha Kaya lagi mempunyai rahmat. Jika Dia menghendaki niscaya Dia memusnahkan kamu dan menggantimu dengan siapa yang dikehendaki-Nya setelah kamu (musnah), sebagaimana Dia telah menjadikan kamu dari keturunan orang-orang lain. (Al An’aam 6:133)

Di ayat berikutnya kemudian dijelaskan detail dari bentuk2 ingkar thd risalahNya sbb:

  1. Mendustakan thd ayat2 Allah di dalam kitabNya, termasuk Al Quran (15-17)
  2. Menyembah kpd selain Allah (18)
  3. Menolak dan meragukan rasul utusan Allah, termasuk Rasulullah SAW (20)
  4. Kembali ingkar dan lupa kpd Allah setelah mendapat nikmat dan keselamatan (21), sbgmn juga diterangkan di ayat lain:

Katakanlah, “Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari bencana di darat dan di laut, yang kamu berdoa kepada-Nya dengan rendah diri dengan suara yang lembut (dengan mengatakan, “Sesungguhnya jika Dia menyelamatkan kami dari (bencana) ini, tentulah kami menjadi orang-orang yang bersyukur”.
Katakanlah, “Allah menyelamatkan kamu dari bencana itu dan dari segala macam kesusahan, kemudian kamu kembali mempersekutukan-Nya.” (Al An’aam 6:63-64)

Maha Benar Allah dg segala firmanNya.

Wallahu a’lam bish-shawab